Dekan FIKES Pimpin Pemeriksaan Corona di Rusunawa

KAMPUS PENCERAHAN – Beberapa kampus di Gorontalo sudah mengumumkan pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan universitas. Salah satunya Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) yang beberapa waktu lalu telah resmi melalui edaran rektor membentuk satuan tugas siaga Covid-19.

Menurut Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf, fungsi dari satgas ini untuk meningkatkan edukasi tentang pencegahan penularan virus corona serta melakukan pemeriksaan awal gejala-gejala yang mengindikasikan Covid-19.

Sesuai informasi, Senin kemarin (23/3/2020), gugus tugas kesehatan yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah susun sewa (Rusunawa) milik UM-Go. Pemeriksaan ini juga dibarengi sosialisasi oleh tim kesehatan kepada sejumlah mahasiswa yang tinggal.

“Jadi sebelum pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyakit corona itu harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sebelum tes swab, yakni tes yang dilakukan dengan pengambilan jaringan sel pada hidung atau tenggorokan,” ungkap Dekan FIKES.

Pemeriksaan awal ini dilakukan untuk memastikan sakit yang diderita. Kalau ditemukan gejala yang menjurus ke Covid-19, maka gugus tugas kesehatan akan memberikan rujukan ke rumah sakit yang dituju untuk pemeriksaan selanjutnya. “Yang pasti kami minta warga kampus yang memiliki gejala seperti flu dan gejala-gejala yang mengindikasikan virus corona untuk mengisolasi dirinya sendiri, jika mengalami gangguan pernapasan maka kami akan berikan rujukan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan virus,” pungkasnya.